Sambutan Wisuda by Indra Trisnajaya

SAMBUTAN WAKIL

WISUDAWAN/WATI

STAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG

NOVOTEL, 10 NOVEMBER 2011

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbil álamin, wabihi nastaínu ala umuriddunya waddien. Wassalallahu ála khotamin nabiyyina wa ála álihi wasohbihi ajmain. Amal ba’du.

Yang terhormat

  1. Ketua Stain Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Bapak Prof.Imam Malik, M.Ag
  2. Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Bapak H.Ir. Eko Maulana Ali, SAP, SIP, M.Sc
  3. Kepala Kepolisian Daerah Bangka Belitung, Bapak H. Rum Murkal
  4. Bapak Affandi Mochtar, MA
  5. Seluruh civitas akademika STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  6. Rekan-rekan wisudawan dan wisudawati yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu.

Perkenalkan nama saya INDRA TRISNAJAYA, dari Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam  STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Saya berdiri di sini mewakili teman-teman wisudawan/wisudawati untuk menyampaikan sambutan ini.

Alhamdulillahi rabbilálamin,  puji Syukur ke hadapan Tuhan yang Maha Esa karena atas anugerahNya Sidang Senat Terbuka Wisuda STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dapat terlaksana. Pada hari istimewa ini, sejumlah 334 mahasiswa yang terdiri dari   150 mahasiswa Program Studi PAI Reguler, 152 mahasiswa Program Studi PAI Kualifikasi, 16 mahasiswa Program Studi PAI Non Reguler dan 16 mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam, telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi kesarjanaannya. Tentunya hal ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras yang telah dilakukan sebelumnya dan juga atas rahmat dari Allah SWT.

Hari ini saya ingin mengajak seluruh hadirin untuk memaknai kembali STAIN SAS – yang usianya baru tujuh tahun –  dengan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat Bangka Belitung menuju masyarakat melayu yang cerdas, modern dan bermartabat.

Hadirin sekalian, di momen yang istimewa ini, izinkan saya mewakili wisudawan untuk mengucapkan terima kasih kepada Almamater tercinta, STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik dalam hal ini para pimpinan STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, para dosen yang dengan tekun membimbing kami dalam menyelami bahtera ilmu pengetahuan selama di bangku kuliah, nasehat-nasehat yang inspiratif dan arahan  yang terukir indah dalam bingkai keikhlasan, seluruh karyawan yang dengan ramah melayani kebutuhan-kebutuhan mahasiswa, memberikan kami semua mahasiswa STAIN SAS kesempatan untuk berperan serta mengemban esensi eksistensi STAIN SAS tersebut.

Terima kasih untuk seluruh undangan, terutama Bapak Dr. H. Affandi Mochtar, M.A yang telah berkenan memberikan orasi ilmiah, bapak Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ir. H. Eko Maulana Ali, SAP, SIP, MSc yang telah berkenan memberikan kata sambutan, semoga semakin memompa semangat kami untuk berkarya tiada henti, beramal tanpa kenal lelah untuk berperan aktif membangun Propinsi tercinta menjadi masyarakat pembelajar yang cerdas serta tetap tak tercerabut dari akar-akar kearifan lokal.

Rasa terima kasih yang tidak akan pernah henti-hentinya kami persembahkan kepada orangtua dan keluarga kami, yang merupakan lingkungan pendidikan pertama dan terpenting buat kami. Budi pekerti baik, integritas, dan bagian-bagian penting dalam diri kami ditempa di bawah bimbingan orangtua di dalam keluarga. Segala yang kami capai saat ini adalah berkat kerja keras, kesabaran, dan kasih sayang mereka. Semoga seluruh nilai yang telah ditanamkan dan bimbingan yang diberikan, mampu bersinergi dengan semua hal yang kami peroleh di STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, sehingga kami menjadi insan-insan STAIN SAS yang memiliki karakter insan kamil dalam mengemban amanah umat.

Waktu berjalan dengan cepat, dan kini kami telah bertransformasi menjadi lulusan sarjana yang tidak hanya memiliki pengetahuan, namun mengemban misi untuk mengeluarkan Indonesia dari krisis berkepanjangan. Adalah hal yang sangat sulit dan membutuhkan kesabaran serta konsistensi untuk memperbaikinya, namun dengan doa Ayah Ibu, Insya Allah kami tentu bisa menuntaskan tugas besar ini dengan baik, sebagaimana kepercayaan dan dukungan Ayah Ibu yang telah menjadi energi terkuat kami untuk menyelesaikan studi. Karena kami yakin bahwa kami sebagai wisudawan-wisudawati terbaik STAIN SAS Bangka Belitung merupakan produk terbaik yang dihasilkan dari perguruan tinggi terbaik. Perguruan tinggi yang mencetak sarjana yang tidak hanya unggul secara intelektual saja, tetapi juga dalam hal moral dan berwawasan global.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan lembaga yang kami cintai, STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dan sebagai wujud tali kasih kami untuk adik-adik yang masih berjuang menimba ilmu, dengan segala kerendahan hati kami  menyerahkan dana bantuan kepada kampus tercinta berupa:

  1. Bantuan buku perpustakaan senilai empat puluh delapan juta sembilan ratus ribu rupiah.
  2. Bantuan untuk pembangunan masjid kampus senilai empat puluh delapan juta Sembilan ratus ribu rupiah.

Kami berharap apa yang telah kami lakukan menjadi pemacu semangat terutama kepada adik-adik kami yang sedang berjuang merajut benang-benang keilmuan di kampus tercinta, STAIN SAS Bangka Belitung.

Rekan-rekan wisudawan,

Harus kita sadari bahwa momen wisuda ini bukan hanya  suka cita atas selesainya masa studi kita, momen wisuda ini juga merupakan momen untuk merefleksikan makna dari lulusnya kita dari STAIN SAS dan amanah yang dimiliki STAIN SAS sebagai pusat keunggulan intelektual dan moral berwawasan global. Perludiketahui bahwa hanya 2% dari penduduk yang menikmati pendidikan tinggi, dan tentunya 98% sisanya, mengharapkan bahwa 2% orang-orang yang terpilih tersebut mampu menjadi motor dalam terwujudnya masyarakat ideal yang menjadi harapan dari seluruh masyarakat Indonesia. 2% orang-orang terpilih tersebut adalah kita yang merupakan orang-orang pilihan, orang-orang terbaik, lulusan yang siap berbuat dan bekerja untuk masyarakat. Kepada pemerintah provinsi, pemerintah daerah dan masyarakat luas; dengan ini kami menyatakan bahwa kami merupakan lulusan terbaik STAIN SAS Bangka Belitung siap mengabdikan diri kami, mencurahkan segala pikiran, tenaga demi kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya dan Bangsa Indonesia di masa datang.

Sebagai alumni STAIN SAS Bangka Belitung kami sangat mendukung perkembangan STAIN SAS menjadi UIN. Selain itu kami juga mengharapkan dukungan bersama baik berupa materi dan moril dari pemerintah daerah untuk secara serius berkomitmen mempercepat transformasi STAIN menjadi UIN. Kami berharap di tahun 2012, STAIN SAS bersertifikasi internasional. Dua tahun kemudian, yaitu tahun 2014 STAIN telah beralih status menjadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik dan pada tahun 2018 STAIN telah benar-benar menjadi UIN Syaikh Abdurrahman Siddik. Sehingga nantinya diharapkan UIN Syaikh Abdurrahman Siddik menjelma menjadi Common University yang melayani semua kebutuhan keilmuan masyarakat dunia.

Apapun yang kita lakukan setelah ini, menjadi politikus, akademisi, peneliti, wirausahawan, penggerak LSM, dll, pastikan bahwa teman-teman semua menjadi seorang negarawan yang paham masalah masyarakat, paham kondisi masyarakat yang ideal, dan paham menyusun langkah-langkah untuk mencapai kondisi masyarakat yang ideal dengan potensi yang ada. Tanggung jawab kita setelah ini bukan hanya mensejahterakan diri sendiri tetapi juga masyarakat yang memiliki STAIN SAS, termasuk kita sebagai alumni. Saat masuk ke institusi ini kita harus “menyisihkan” banyak orang lain, sengaja atau tidak, kita adalah orang-orang terpilih, maka kita pun harus berlaku seperti orang-orang terpilih. Orang-orang yang mau mengerti masalah bangsa, berani berbuat lebih untuk bangsa, dan paham bagaimana caranya mengatasi permasalahan bangsa. Seperti yang diungkapkan Nurcholish Madjid bahwa kita adalah cendikiawan yang karenanya mempunyai kewajiban untuk meluruskan persoalan masyarakat dan problematikan bangsa.

Kelulusan bukan akhir, melainkan awal dari perjuangan sesungguhnya. Momen wisuda yang bertepatan dengan peringatan hari pahlawan 10 November, semoga menjadikan kita sebagai pahlawan-pahlawan sejati, pahlawan-pahlawan STAIN SAS yang mampu berbuat, berfikir dan bekerja cerdas demi masa depan propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Demikian sambutan singkat ini saya sampaikan, dan diakhiri dengan untaian bait-bait pantun berikut:

 

Anak santri meniti jalan

Jalan berpasir di seberang lautan

Jika hidup adalah perjuangan

Mari tegakkan dengan penuh harapan

 

 

 

Makan nasi di atas batu

Sungguh enak dimakan bersama

Mari berkarya dengan tak jemu

Agar tak percuma waktu tersisa

 

 

Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Pangkalpinang, 10 November 2011

 

INDRA TRISNAJAYA

 

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: